Rabu, 23 Desember 2009

Meraup Untung dari beternak Lele Sangkuriang

Judul : Meraup Untung dari beternak Lele Sangkuriang
Pengarang : Warisno & Kres Dahana
Kategori : Perikanan (Lily Publisher)

Halaman : viii + 104 hlm, 16 x 23 cm
Harga : Rp. 22.500.-

Dewasa ini, kebutuhan akan ikan lele makin meningkat, baik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, untuk pesta pernikahan atau perkawinan maupun untuk mnemenuhi kebutuhan rumah-rumah makan atau restoran.

Lele sangkuriang sebenarnya merupakan salah satu jenis lele dumbo yang diintroduksikan. Jika lele dumbo umur panen sekitar 100 hari, Lele Sangkuriang yang merupakan hasil persilangan lele dumbo dapat dipanen pada umur 60-70 hari. Lele sangkuriang memiliki banyak kelebihan dibandingkan lele lokal maupun lele dumbo biasa, yaitu pertumbuhan lele sangkuriang lebih cepat, umur panen lebih pendek, daya telur dan daya tetas telur tinggi, Food Conversion Ratio rendah, toleransi terhadap penyakit lebih tinggi, kualitas daging lebih baik, dan teknik budidaya mudah. Kelebihan ini menjadikan lele sangkuriang menjadi primadona di antara peternak lele saat ini.

Dalam buku ini, dibahas segala sesuatu yang bertalian dengan lele sangkuriang, mulai dari mengenal lele sangkuriang, pembuatan kolam, pembenihan, teknik pemijahan, pendederan, pembesaran, organisme penganggu, pemanenan sampai penanganan pasca panen. Selain itu disinggung juga analisa usahanya, semuanya disajikan untuk Anda para peternak lele ataupun calon peternak lele yang ingin menjadikan budidaya lele sangkuriang ini sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...