Rabu, 24 Maret 2010

Budi Daya Ikan Nila di Kolam Terpal

Judul : Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal
Pengarang : M. Ghufran H. Kordi K
Kategori : Pertanian Populer - Perikanan
Halaman/Ukuran : xvi+112 hlm, 14x21 cm
ISBN : 978-979-29-1319-4
Harga : Rp 23.000,- (Belum Diskon)

Nila adalah salah satu ikan air tawar yang paling banyak dibudidayakan karena prospek pasarnya yang terbuka. Pasar nila berupa pasar ekspor maupun pasar di dalam negeri. Di dalam negeri saja, konsumen nila terdiri dari rumah makan di pinggir jalan hingga restoran dan hotel mewah. Nila juga sangat disukai oleh konsumen rumah tangga sehingga pasar-pasar pinggir jalan hingga supermarket mewah.
Nila merupakan ikan unggul, selain karena varietas-varietas unggul yang dihasilkan, seperti nila merah, nila gift, nila get, nila gesit, nila jica, nila nirwana, dan nila best, nila juga dapat dibudidayakan di berbagai habitat dan di berbagai wadah budi daya, seperti kolam air tenang (KAT), kolam air deras (KAD), hampang, keramba, keramba jaring apung (KJA), tambak, sawah, kolam tadah hujan (KTH), dan kini nila juga dapat dibudidayakan di kolam terpal.
Keunggulan kolam terpal adalah dapat dibangun di berbagai tempat, tidak harus di lahan ideal sehingga dapat diterapkan di lahan sempit dan daerah sulit air, mudah dibersihkan dan dipindahkan, padat penebaran gurami dapat ditingkatkan, kelangsungan hidup lebih tinggi, pertumbuhan gurami dapat dipacu, dan ikan hasil panen tidak berbau lumpur. Di samping itu, secara teknis pembuatan dan pemeliharaan gurami kolam terpal lebih MUDAH, serta secara finansial lebih MURAH.
Sebagai ikan ekonomis, budi daya nila di kolam terpal merupakan peluang usaha yang PROSPEKTIF, tidak hanya bagi pemodal besar, tetapi juga bagi masyarakat umum yang memiliki modal kecil dan lahan terbatas. Budi daya gurami di kolam terpal dapat menjadi salah satu pilihan usaha untuk meningkatkan PENDAPATAN dan membuka lapangan kerja. Buku ini membahas budi daya ikan nila di kolam terpal yang dimulai dari pemilihan lokasi, cara pembuatan kolam, pemeliharaan ikan, pengelolaan kualitas air, penanggulangan hama dan penyakit, panen dan penanganan hasil hingga analisis usaha.

http://glassteraworld.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...