Jumat, 30 April 2010

Jamur Konsumsi Berkhasiat Obat


Pengarang : Henky Isnawan Hendritomo
Kategori : Pertanian Populer
Halaman : viii+152 hlm
Ukuran :14x21 cm
ISBN : 978-979-29-1387-3
Penerbit : Lily Publisher (2010)
Harga : Rp 26.000,- (Belum diskon)


Jamur memiliki banyak manfaat, antara lain dalam mendegradasi limbah bahan organik dimuka bumi hingga manfaatnya sebagai bahan pangan (jamur konsumsi) dan sebagai bahan obat (mikomedisin). Selain kemampuan itu keunggulan paling penting dari makrofungi jamur konsumsi adalah kandungan protein tinggi, rasa yang enak namun menyehatkan.
Produksi jamur konsumsi dunia dari tahun ke tahun terus meningkat sampai 10 kali selama kurun waktu 20 tahun sejak 1998. Di Indonesia jamur merang dikenal sejak 1950an baru disusul jamur kancing, jamur tiram, shiitake dan jamur lainnya. Perdagangan bahan ekstrak beta glukan yang dikandung jamur sebagai bahan nutriceutikal sejak tahun 1999 terus meningkat dan bahkan Indonesia telah menjadi pasar dari bahan suplemen nutriceutikal. Manfaat nutraceutikal sebagai penurun kolesterol, memperbaiki kerusakan sel sampai antitumor.
Usaha budi daya jamur konsumsi cukup menguntungkan karena bisa dilakukan dengan lahan, modal, dan tenaga kerja yang terbatas. Buku ini membahas dan menguraikan secara komplit mengenai jamur konsumsi yaitu jamur kancing, jamur merang, jamur tiram, jamur kuping, jamur shiitake, jamur lingzhi mulai dari siklus hidupnya, budidaya dan potensi produksi jamur di Indonesia, ekspor dan impor hingga olahannya serta teknik ekstraksi polisakarida beta glukan sebagai antitumor.

http://glassteraworld.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...