Sabtu, 22 Mei 2010

Pembenihan Ikan Laut Ekonomis Secara Buatan


Pengarang : M. Ghufran H. Kordi K. dan Andi Tamsil
Kategori : Pertanian Populer - Perikanan
Halaman : xviii+190 hlm
Ukuran : 14x21 cm
ISBN : 978-979-29-1382-8
Penerbit : Lily Publisher (2010)
Harga : Rp 34.000,- (Belum diskon)


Berbagai jenis ikan laut—ikan pelagis dan demersal—di perairan Indonesia merupakan ikan-ikan yang bernilai jual tinggi, baik di pasar domestik maupun ekspor. Khusus untuk ikan-ikan karang, Indonesia bahkan menjadi produsen terbesar di dunia, baik ikan konsumsi maupun ikan hias. Ikan-ikan karang yang banyak diproduksi antara lain kerapu, kakap, napoleon, kakatua, ekor kuning, beronang, kurisi, dan kuwe.
Namun produksi ikan-ikan karang dan laut pada umumnya bergantung pada usaha penangkapan di alam, sehingga produksinya tidak kontinu, fluktuatif, dan berkualitas rendah. Penangkapan yang intensif juga menyebabkan padat tangkap (full fishing), bahkan beberapa spesies telah mengarah pada tangkap lebih (over fishing). Apalagi penangkapan ikan dengan penggunaan bahan dan alat tangkap yang destruktif dapat menyebabkan kerusakan ekosistem. Untuk mencegah hal-hal yang mengarah pada kepunahan spesies dan kerusakan ekosistem perairan, salah satunya ditempuh melalui kegiatan budi daya perairan. Dalam budi daya perairan ketersediaan benih yang berkualitas, cukup, dan kontinu merupakan faktor penting.
Pembenihan ikan-ikan laut tidak hanya untuk kebutuhan budi daya dalam hal ini pembesaran, tetapi juga untuk penebaran kembali. Karena itu, pembenihan ikan laut merupakan salah satu peluang usaha yang sangat prospektif, karena selain tingginya permintaan di dalam negeri, negara tetangga juga membutuhkan benih ikan laut dalam jumlah besar.
Buku ini berisikan materi pembenihan ikan laut, khususnya teknik pembenihan secara buatan. Pembenihan ikan laut secara buatan tidak bergantung pada musim pemijahan ikan di alam, siklus produksi dapat diatur, dan produksi benih dapat diestimasi sesuai kebutuhan pasar.

http://glassteraworld.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...