Kamis, 26 Agustus 2010

cabe setan???


Cabe Bhut Jolokia
Katanya Cabe ini paling pedas di dunia - dan terdaftar pula dalam The World Guiness Book of Record. Bhut Jolokia bukanlah cabe sembarangan, tingkat kepedasan yang dihasilkan cabe asli India itu mencapai 1000 kali lipat dibandingkan cabe yang biasa Anda temukan di dapur. Bayangkan jika sampai terpercik ke mata, dan rupanya hal inilah yang mengispirasi para ilmuwan di India untuk menciptakan granat berisi serbuk Bhut Jolokia. Cabe yang berasal dari India ini menurut data American Society for Horticultre Science tercatat memiliki tingkat kepedasan hingga 1 juta SHU (cabe normal, termasuk cabe rawit, rata-rata hanya mencapai 100.000 SHU saja).

Bhut Jolokia berarti "Cabe Hantu atau Cabe Gila" saking pedasnya digambarkan bisa serasa "lepas nyawa" kalau dimakan. Cabe ini berdampak besar terhadap industri makanan karena tidak perlu lagi cabe kemasan besar tapi cukup dengan kemasan kecil saja sudah pedas.

Dalam sebuah tayangan di Youtube, seorang pria bernama Jamie mendemonstrasikan kedasyatan dari Cabe Gila ini. Mula-mula dia memakan setengah dari Cabe Bhut Jolokia. Lima menit pertama, dia masih belum merasakan adanya rasa pedas atau apapun. Semua baik-baik saja, hingga menit keenam, saat Jamie mulai merasakan kepedasan. Dia mulai meloncat-loncat dan meminum banyak air. Tapi tampaknya air yang diminumnya tidak mampu menghilangkan rasa terbakar di mulut dan tenggorokannya. Pada menit ke-10, Jamie berlutut sembari memukul-mukul tanah karena sudah tidak tahan lagi menahan rasa pedas dan panas yang tampaknya sudah menggerogoti hampir seluruh tubuhnya. Dia pun sudah tidak bisa diajak bicara. Pada menit ke-30, Jamie mulai merasakan kondisi seperti mau mati dan hanya bisa terkapar.

Tayangan ini merupakan bukti bagaimana pedasnya cabe yang banyak ditemui di kawasan Assam, India Utara itu. Berdasarkan aksi Jamie ini, membuat praktisi kesehatan memperingatkan jika tidak kuat jangan coba-coba bertarung dengan si cabai hantu. Karena tingkat kepedasannya yang sangat tinggi, para ahli menguatirkan cabe ini dapat membuat iritasi pada usus, sehingga disarankan untuk tidak mengonsumsi cabe ini dalam jumlah yang banyak dan perlu penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui cara aman konsumsi cabai hantu yang tak hanya bikin rasa sakit dan perut terbakar.



Bentuk cabe ini keriput dan ukurannya gemuk kecil. Penduduk setempat percaya bahwa banyak makan cabe Bhut Jolokia dapat membantu memerangi penyakit rematik, kanker, rematik, osteoporosis, menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Cabe sendiri mengandung vitamin A, C, Kalium, Magnesium, dan Besi yang membantu mencegah penggumpalan darah, menghilangkan plak dari arteri, menyembuhkan luka, dan menangkal flu. Di dalam cabe terdapat zat Photochemical yang dapat mengurangi sel kanker dan tumor. Bahan aktif dalam Capsicum (kelompok tumbuhan cabai), merangsang otak dan kelenjar ludah melepas endorfin ke dalam tubuh. Endorfin adalah obat penghilang rasa sakit alami alam dan memberi rasa senang. Capsicum juga merupakan bahan utama untuk mengurangi arthritis dan kerusakan saraf diabetes. Dalam pengobatan tradisional, cabai hantu digunakan untuk penyakit tangan dan kaki dingin, sakit otot punggung, rematik, terkilir dan memar.

Yang terbaru seperti dikutip dari GaeaTimes, ilmuwan India sedang mengembangkan granat tangan dari Bhut Jolokia. Riset yang dilakukan departemen pertahanan India menyebutkan, Bhut Jolokia jika diolah menjadi granat tangan bisa menjadi senjata untuk melawan ekstrimis agar keluar dari persembunyiannya atau membubarkan massa.

http://glassteraworld.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...