Sabtu, 14 Agustus 2010

Puasa Sehat...Yuk



Puasa telah tiba...puasa telah tiba...saatnya untuk berpuasa...

Namun kadang dengan alasan puasa terkadang orang menjadi malas...Berpuasa selama 14 jam tak lantas akan membuat tubuh lemas karena sumber energi bisa tersimpan baik dalam tubuh dan akan menjaga tubuh tetap segar, asalkan Anda dapat memilih dan mengatur makan dengan tepat.


Selama berpuasa, kadar energi dalam tubuh biasanya rendah karena tidak ada asupan sumber energi, yakni karbohidrat. Maka agar tubuh tetap segar, kuncinya adalah menjaga kadar karbohidrat dalam darah tetap stabil dan tidak menurun drastis. Caranya dengan mengatur makan saat sahur dan berbuka puasa.


Pola makan saat sahur

Saat sahur, biasakanlah makan makanan lengkap terutama makanan yang mengandung sumber karbohidrat kompleks (bisa didapatkan dari nasi merah, kentang yang dimakan dengan kulitnya, atau roti gandum, hindari karbohidrat simpleks seperti tepung dan gula), protein (bisa dari ikan atau ayam), dan lemak sehat.
Mengonsumsi karbohidrat kompleks akan membuat penyerapan di saluran cerna
lebih lambat sehingga tak mudah lapar. Hindari konsumsi lemak jelek dan
jenuh/kolesterol tinggi (kuning telur, cumi, udang, kepiting, atau jeroan), seperti gorengan karena akan membuat cepat
haus. Perbanyak makan sayur dan buah, serta minum air putih empat gelas hingga waktu imsak, dan hindari gula - termasuk teh manis (karena jika banyak makan manis,kadar gula darah memang
akan melonjak naik namun akan cepat turun kembali, menjelang sore
tubuh sudah mulai lemas). Apel atau pir merupakan sumber energi karbohidrat kompleks dari buah berserat tinggi. Buah ini bisa dimakan langsung atau diblender (jus) bersama kulitnya agar penyerapan oleh tubuh berlangsung perlahan dan menstabilkan gula darah. Pilihan buah lain bisa juga diganti dengan pisang.


Pola makan ini akan membantu tubuh Anda menjaga sumber energi dan menstabilkan gula darah sehingga aktivitas sepanjang hari tidak terganggu karena cadangan energi masih membuat tubuh segar hingga berbuka.


Pola makan saat berbuka puasa

Saat datang waktu berbuka, kadar gula darah akan semakin rendah. Sebaiknya segera berbuka untuk meningkatkan kembali energi Anda. Makan dan minum yang manis saat berbuka sangat dianjurkan, namun pilihlah makanan dan minuman yang sehat. Gantilah teh manis atau kolak dengan jus buah (pilih lah buah tanpa serat karena tubuh butuh penyerapan yang cepat, yakni
buah yang banyak airnya seperti jeruk, melon, dan semangka) agar kadar gula Anda naik dan tubuh kembali berenergi kemudian lanjutkan dengan makanan lengkap, dengan porsi yang sama seperti saat sahur. Usai tarawih, Anda bisa lanjutkan dengan konsumsi buah dan sayur yang mengandung karbohidrat kompleks tapi jangan dijus, melainkan dimakan langsung atau diblender bersama kulitnya, seperti saat sahur. Jangan lupa juga minum empat gelas air putih saat berbuka hingga menjelang tidur.


Puasa Sehat...Yuk...



Puasa Sehat...Yuk Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/lifestyle/food-and-drink/2035844-puasa-sehat-yuk/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...