Sabtu, 21 Agustus 2010

Sukses Budidaya Jambu Air di Pekarangan dan Perkebunan


Pengarang : Bambang Cahyono
Kategori : Pertanian Populer
Halaman/Ukuran : vi+122 hlm, 14x21 cm
ISBN : 978-979-29-1551-8
Penerbit : Lily Publisher
Harga : Rp 38.500,- Jawa, Rp 48.000,- Papua (Belum diskon)


Jambu biji merupakan salah satu buah-buahan yang sudah dikenal masyarakat. Buahnya renyah dan manis, jambu biji juga bermanfaat untuk mengobati bermacam-macam penyakit. Jambu biji selain dikonsumsi dalam bentuk buah segar, dapat juga dikonsumsi dalam bentuk juice, selai, kembang gula, nektar, chutney, setup, dan lain sebagainya. Selain buahnya, bagian tanaman lainnya, seperti daun, kulit akar maupun akarnya, dan buahnya yang masih muda juga berkhasiat obat.

Namun dahulu jambu biji kurang menonjol karena pembudidayaannya dilakukan sekedarnya, dan umumnya ditanam sebagai peneduh sehingga produksi jambu biji berkualitas rendah dan harganyapun menjadi rendah pula. Padahal, jambu biji merupakan salah satu komoditas buah-buahan yang memiliki pasaran prospektif, baik untuk pasaran di dalam negeri maupun pasaran di luar negeri. Apabila dibudidayakan secara komersial, tanaman jambu biji dapat meningkatkan pendapatan masyarakat pada setiap rantai agribisnisnya dari hulu hingga hilir.

Buku ini membahas teknik budi daya jambu biji yang meliputi pengenalan varietas unggul, cara bercocok tanam, pemupukan, pengairan, serta pengendalian hama dan penyakit baik skala pekarangan untuk yang mempunyai lahan sempit maupun perkebunan. Kegiatan panen dan pasca panen yang dimulai dari pemetikan buah hingga pemasaran juga dibahas dalam buku ini.

http://glassteraworld.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...