Sabtu, 04 September 2010

9 Tempat Terpolusi di Dunia


Ini dia 9 tempat terpolusi di dunia yang sepertinya tidak disangka oleh banyak orang...

1. Linfen, China

Tahukah anda bahwa Linfen, Cina adalah kota yang paling tercemar di bumi. Menurut Mother Nature Network, jika seseorang menjemur cucian sampai kering, cucian tersebut akan berubah menjadi hitam sebelum kering. Kota ini terletak di sabuk batubara Cina,  sehingga dapat dikatakan satu hari di Linfen setara dengan merokok tiga bungkus rokok. 3 juta orang dipengaruhi oleh emisi batubara Linfen dan partikel polusi, yang merupakan residu dari mobil dan emisi industri.

2. Los Angeles, United States

Menurut American Lung Association, Los Angeles adalah kota dengan ozon yang paling tercemar. Tingkat rata-rata ozon di Los Angeles adalah 138,8 dan rata-rata tingkat partikulat adalah 16,8. California Air Resources Board menyatakan bahwa 18.000 kematian per tahun di Los Angeles adalah “kematian dini” yang disebabkan oleh polusi udara.

3. Niger Delta, Nigeria

Dengan lebih dari 6.800 tumpahan minyak, yang berjumlah 300 tumpahan/tahun, sekitar satu tumpahan sehari, dan 9-13.000.000 barel minyak tumpah lebih dari 50 tahun, Delta Niger merupakan salah satu lokasi yang paling tercemar oleh minyak di planet ini.  9-13.000.000 barel minyak telah tumpah ke dalam lahan basah ketiga terbesar di planet ini. Nigeria merupakan pemasok minyak kelima terbesar ke Amerika Serikat. Amerika Serikat sebanyak 8 persen mengimpor minyak dari Nigeria, dan hampir separuh dari produksi negara itu terjadi tumpahan minyak. Shell telah menyatakan bahwa 90% dari tumpahan disebabkan oleh pencuri militan yang mengakses jaringan pipa untuk mencuri minyak. Karena pipa minyak yang terus menerus pecah akhirnya keberadaan minyak tersebut mengotori mangrove Delta’s, sungai, dan satwa liar yang terus-menerus rusak.

4. Greater London, United Kingdom

Greater London telah mengalami beberapa polusi udara terburuk di seluruh dunia sebagai akibat dari mobil, pabrik, pertanian dan polusi rumah. Harapan hidup Britons telah berkurang sembilan tahun karena polusi udara. Britania dianggap sebagai pemberi kebebasan Eropa terbesar oksida nitrogen, yang memperlihatkan bahwa 1,5 juta orang tidak aman dari pencemaran. Menurut laporan dari Parlemen, 50.000 orang meninggal prematur setiap tahun karena polusi udara buatan manusia.

5. Dzerzhinsk, Russia

Antara 1930 dan 1998, Dzerzhinsk merupakan tempat pembuangan  300.000 ton limbah kimia yang tidak semestinya dibuang. 300.000 orang dipengaruhi oleh limbah kimia kota dan polusi beracun produk sampingan, seperti sarin dan gas VX. Polusi itu adalah hasil dari manufaktur senjata kimia era Perang Dingin. Menurut Ibu Alam Jaringan, pada tahun 2003, tingkat kematian di kota ini melampaui tingkat kelahiran dengan 260 persen.

6. Greater Phoenix, United States

Area Phoenix-Mesa-Scottsdale adalah tempat terburuk selama 2010 di Amerika Serikat akibat pencemaran partikel sepanjang tahun, campuran debu, jelaga dan aerosol.  Di wilayah Arizona mengalami pencemaran partikel sepanjang tahun hampir setiap jam dalam sehari.

7. Sungai Citarum,Indonesia

Sungai Citarum, Indonesia menjadi tuan rumah dari sungai yang paling tercemar di planet ini. Banyak sampah yang mengambang di permukaan sungai. Padahal dengan hampir 5 juta penduduk yang tinggal di dekat sungai, Citarum merupakan sumber air utama bagi sebagian penduduk.

8.La Oroya, Peru

Logam pertambangan dan peleburan perusahaan, Doe Run*Peru telah mengkontaminasi La Oroya, Peru. Lebih dari 35.000 penduduk La Oroya telah dipengaruhi oleh polusi timbal, seng, tembaga dan  belerang dioksida dari perusahaan pertambangan  dan pengolahan logam tersebut. Menurut Time, 99 persen dari anak-anak kota pertambangan memiliki kadar darah yang melampaui batas pemaparan yang sesuai. Sejak 1922, kota di Pegunungan Andes Peru memang telah tercemar oleh misi pertambangan.

9. Lake Karachay, Russia

Wilayah Danau Karachay, Rusia dianggap lokasi yang paling tercemar di Planet Bumi. Tempat ini memproduksi senjata nuklir Rusia dan merupakan lokasi pembuangan nuklir . tingkat  radioaktivitasnya mencapai 120.000.000. Tingkat radiasi yang setara dengan dosis mematikan setelah hanya satu jam terkena.

sumber: http://www.huffingtonpost.com/2010/08/31

http://glassteraworld.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...