Kamis, 06 Januari 2011

10 Camilan Sehat Untuk Si Kecil

Si kecil suka jajan?  
Si kecil cenderung makan permen, cokelat, keripik hingga aneka jajanan keliling?  
Camilan atau jajan pada anak haruslah sehat, sebab dengan lambungnya yang kecil, biasanya si kecil tak bisa makan lagi setelah mengemil jajanan.

Agar mendapatkan snack sehat, ada baiknya anda menyiapkan sendiri di rumah. Tidak sulit membuat camilan sehat buat si kecil. Apa saja makanan yang bagus buatnya? Berikut ini ada 10 camilan sehat yang bisa dipilih:

Buah Segar
Merupakan pilihan populer di kalangan anak - anak dan orang tua. Anak - anak membutuhkan sekitar 1,5 cup buah per hari. Jika ingin mendapatkan kalsium pada buah, bisa mencampurkan sedikit yogurt pada buah atau yogurt yang disajikan dengan buah kering.

Sereal
Merupakan sumber serat yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Carilah sereal yang memiliki kandungan gula rendah. Bisa ditambahkan dengan susu atau buah-buahan seperti strawberry, blueberry atau yang lainnya agar si kecil menjadi tertarik. Bisa juga dengan dibuat menjadi cookies.

Quesadillas
Merupakan salah satu makanan khas dari meksiko. Campurkan keju rendah lemak yang dilelehkan pada quesadillas. Camilan ini pasti disukai si kecil karena rasanya yang gurih. Berilah keju berkualitas baik tinggi kalsium untuk mendukung pertumbuhan tulang, Hanya butuh waktu 5 menit untuk menyiapkan, si kecil bisa ngemil makanan ringan, lezat dan bersih. 

Cara Membuat quesadillas

Selai Kacang
Mengandung serat dan protein, namun tinggi lemak. Pilihlah selai kacang alami untuk menghindari lemak jahat, lalu tambahkan sedikit gula. Cobalah oleskan selai kacang pada biskuit dan selai buah. Atau oleskan selai kacang pada batang seledri dan taburi dengan kismis. Bisa dioleskan di roti kemudian diberi bentuk yang lucu.

Sayuran
Potonglah sayuran dengan ukuran kecil agar mudah dimakan. Jadikan sate sayuran, agar si kecil tertarik untuk memakannya.

Pizza
Pizza bisa menjadi camilan sehat. Buatlah sendiri kulit pizza dari tepung gandum.  Atau anda bisa membeli kulit pizza yang sudah jadi di supermaket. Taburi keju rendah lemak dan sayuran favorit agar nutrisinya lengkap.

Kacang Campur
Pasti si kecil suka dengan aneka campuran camilan yang Anda siapkan sendiri. Campur aneka keripik, kacang, dan buah kering menjadi camilan baru yang enak. Pilih yang rendah gula dan garam agar si kecil mendapat manfaat maksimalnya.

Popcorn
Popcorn mengandung bijian utuh dan serat. Studi dari sebuah majalah kesehatan, menunjukan bahwa biji - bijian dapat mencegah diabetes dan penyakit jantung. Saat butiran popcorn tercampur dengan mentega dan garam, itulah camilan sehat untuk si kecil.

Keju
Pastikan si kecil mendapat tambahan kalsium dan vitamin D. Sertakan lelehan keju pada makanan si kecil. Tuangkan berbagai jenis keju leleh pada sayuran dalam menu bekal si kecil.

Keripik tortila dan saus salsa
Selipkan keripik tortila gandum pada makan siangnya, untuk menambahkan gizi dan serat,. Tambahkan keju krim atau keju leleh untuk menambah kalsium.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...