Jumat, 21 Januari 2011

Tips Agar Tetap Sehat Saat Cuaca Tak Menentu

Saat cuaca tak menentu seperti ini kadang hujan dan panas maka tubuh menjadi sangat rentan mengalami penyakit. Cuaca tak menentu yang kadang panas terik atau hujan badai sering membuat sistem kekebalan tubuh seseorang menurun drastis. Hal ini membuat virus-virus penyakit menyebar dengan mudah, terlebih bila Anda tak pintar-pintar menjaga kondisi badan. Infeksi saluran pernapasan seperti flu, sakit tenggorokan atau pilek paling banyak dialami orang.
Bagaimana caranya agar tubuh tetap sehat meski cuaca tidak bersahabat?



Hindari kontak udara dingin
Hindari kontak langsung dengan udara dingin, jika perlu gunakan jaket saat di ruangan ber-AC atau saat merasakan udara dingin baik didalam maupun diluar ruangan, terutama di malam hari. Suhu udara yang menjadi turun memungkinkan Anda tidak perlu menghidupkan AC di malam hari atau AC cukup disetting dengan suhu 28 derajat C.

Tidur cukup
Tidur yang cukup minimal 6 jam per hari secara kumulatif. Misalnya, bila Anda tidur hanya 5 jam di malam hari, cobalah mencuri-curi waktu tidur di tengah hari selama 1 jam, sehingga mencukupi waktu tidur komulatif 6 jam per hari.

Perbanyak makan buah dan sayur
Perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran baik di kantor maupun di rumah. Pastikan di mobil dan kendaraan ada stok buah, seperti apel, jeruk atau pir yang disediakan setiap hari. Usahakan mengonsumsi salad atau gado-gado untuk mengganti jatah makan, baik pagi, siang atau malam.

Olahraga teratur
Lakukan olahraga ringan setiap hari, minimal 15 atau 30 menit setiap hari misalnya jalan kaki, jogging, bersepeda, drible bola, berenang dan olahraga ringan lainnya.

Hindari makanan berlemak, manis dan dingin
Kurangi makanan yang berlemak seperti coklat, keju dan daging merah. Juga makanan dan minuman yang manis dan dingin, serta gorengan yang dapat mengiritasi tenggorokan dan dapat mencetuskan radang.

Minum yang cukup
Cuaca yang dingin sering membuat orang tidak haus dan mengurangi minum. Sebaiknya tetap pertahankan agar tetap minum air putih sebanyak 8-10 gelas per hari.

Konsumsi multivitamin
Jika Anda merasa hari makanan dan minuman kurang mengandung vitamin atau antioksidan, maka Anda bisa mengambil manfaat vitamin dari suplemen multivitamin. Kebanyakan produk-produk suplemen mengandung vitamin C dan B yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat membantu tubuh anda tetap fit dalam keadaan yang tidak menentu.

Berpikir positif untuk berbagai hal
Jika berita-berita tentang  anda dan pemberitaan di TV atau majalah yang anda lihat malah membuat tambah pusing dan membuat kesal lebih baik dihindari. Lebih baik baca berita yang menyenangkan atau rilekskan pikiran anda dengan berlibur atau sekedar melihat film yang lucu bisa juga memanjakan badan anda dengan perawatan spa.

Meski cuaca tak bersahabat, tapi rutinitas tetap menanti dan Anda tentu harus bekerja untuk kehidupan. Oleh karena itu, tubuh harus tetap sehat. Jagalah kesehatan Anda dengan baik, karena mencegah lebih baik dari mengobati. Terutama karena biaya pengobatan sekarang  pun sangat mahal.

So be Healthy...>_<


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...