Senin, 08 Agustus 2011

Prinsip-Prinsip OFDM

Judul : Prinsip-Prinsip OFDM
Pengarang : Filbert Hilman Juwono & Dadang Gunawan
Kategori : Teknik
Halaman/Ukuran : xx+156 hlm, 16x23 cm
ISBN : 978-979-29-1700-0
Penerbit : Andi (2011)

Harga : Rp. 32.000,- (Belum diskon)


Buku ini merupakan buku tentang dasar-dasar teknik orthogonal frequency division multiplexing (OFDM). Teknik OFDM sekarang banyak digunakan seiring dengan bertambah pesatnya komunikasi multimedia pita lebar yang menuntut kecepatan transfer data yang besar. Aplikasi OFDM banyak digunakan, seperti untuk DVB-T; dan diharapkan akan menjadi standar untuk sistem 4G dan WiMAX.

Selain prinsip-prinsip teknik OFDM itu sendiri, penggunaan OFDM tidak terlepas dari modulasi digital, permasalahan seperti peak-to-average power ratio (PAPR) yang tinggi dan frequency offset, akses, serta cara mengatasi permasalahan yang terjadi sehingga tidak mengakibatkan bit error rate yang buruk pada penerima. Selain itu masalah sinkronisasi dan OFDMA juga dibahas dengan lengkap.

----------------------------------------------------------------------------------------------
Filbert Hilman Juwono, lahir di Jakarta pada 18 Desember 1984, adalah staf pengajar pada Departemen Teknik Elektro Universitas Indonesia. Penulis menyelesaikan kuliah sarjana di Universitas Indonesia bidang Teknik Elektro pada tahun 2007 dan memperoleh gelar Magister Teknik dalam bidang Teknik Telekomunikasi pada tahun 2009 juga dari Universitas Indonesia

Dadang Gunawan, lahir di Bogor pada 14 Oktober 1958, adalah Guru Besar pada Departemen Teknik Elektro FTUI. Penulis memperoleh gelar Insinyur dari Universitas Indonesia pada 1983, gelar Master of Engineering dari Keio University – Japan pada 1989, dan gelar Ph.D dari University of Tasmania – Australia pada 1995, serta sejak tahun 2004 dipercaya untuk mengemban jabatan profesor yang kesemuanya pada bidang Teknik Elektro Telekomunikasi dan Pengolahan Sinyal. Sejak tahun 1985 sampai saat ini, ia sebagai dosen tetap pada DTE FTUI.


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...