Senin, 05 Maret 2012

Panduan Lengkap Bisnis & Budi Daya Ikan Gabus

Judul : Panduan Lengkap Bisnis dan Budi Daya Ikan Gabus
Pengarang : M. Ghufran H. Kordi K
Kategori : Perikanan
Halaman/Ukuran : xxii+234 hlm, 16x23 cm
ISBN : 978-979-29-3018-4
Penerbit : Lily Publisher (1st Published - 2011)
Harga : Rp.44.500 (belum diskon dan ongkir)


Gabus adalah ikan air tawar yang sejak lama dikenal sebagai ikan konsumsi yang cukup penting. Selain menjadi ikan konsumsi, ikan gabus juga dikenal sebagai ikan hias. Di samping itu, ikan gabus juga dapat diolah menjadi obat dan makanan kesehatan. Karena itu, ikan gabus yang dulunya dikenal sebagai ikan menjijikkan karena tampilannya yang mirip ular dan hidup di rawa-rawa atau saluran air ini “naik kelas” menjadi ikan ekonomis.

Di Sumatera Selatan, selain merupakan ikan konsumsi langsung yang penting, ikan gabus juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan pempek. Ikan gabus mempunyai ciri khusus, yaitu dapat dengan mudah bercampur dengan tepung sagu dan tidak berminyak. Ikan gabus memiliki kandungan protein dan albumin yang tinggi, yaitu 70% protein dan 21% albumin. Ikan gabus juga mengandung asam amino yang lengkap, serta mikronutrien zink, selenium, dan iron. Kandungan lain dalam ikan gabus adalah alisin, alil sulfida, dan furostanol glikosida. Semua kandungan tersebut membuat ikan gabus cocok dikonsumsi oleh pasien luka bakar, pasien pasca operasi, atau orang yang dalam masa penyembuhan, orang tua yang fungsi organnya mulai menurun, maupun anak-anak yang mengalami malnutrisi.Oleh karena itu, ikan gabus menjadi ikan ekonomis yang sangat prospektif.

Ikan gabus juga merupakan ikan yang dapat dipelihara di berbagai lingkungan perairan dan wadah, termasuk dapat dipelihara di lahan sempit dan minim air.


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...